Lagi-lagi Soal Asal Usul Orang Minang (Teori Puzzle Bahagian II)


Apa yang terlintas di pikiran Anda ketika mendengar nama Bundo Kanduang dalam Kaba Cindua Mato. Wanita antah berantahkah? Mitos yang terlalu konyol dan naif kah? Dara Jingga sang putri kerajaan Dharmasraya kah? Cukup banyak tafsiran dipopulerkan, bahkan pada tahap yang radikal oleh seorang datuak pengisi acara di Minang Maimbau RRI Programa 4 Jakarta, pada sekitar tahun 2004, mengemukakan Bundo Kanduang itu selayaknya diartikan sebagai sikap ideal perempuan Minang secara keseluruhan, bukan sosok fisik.

Anda bisa menyimak terjemahan Kaba Cindua Mato selengkapnya di link ini. Bahagian yang akan saya cuplik, adalah :

Bundo Kanduang, Pemimpin Kerajaan Minangkabau, Timbalan Raja Rum, Raja Tiongkok dan Raja dari Laut, Adanya (keberadaannya) sama awalnya dengan adanya Alam ini”.

Sepintas kita akan menafsirkan kalimat ini sama dengan kalimat-kalimat mitos lain seperti orang Jepang yang mengaku keturunan Dewa Matahari, Orang Yunani yang keturunan para Titan, Orang Timor yang dibawa buaya atau orang Bugis yang turun dari langit. Beberapa anggota RN menanggapi tulisan saya bahagian pertama ya cuma sebatas itu. Menurut mereka, mitos ya mitos.

Tapi saya tidak puas hanya sekedar berhenti disana. Karena berdasarkan teori bahagian pertama, yang hipotesa pentingnya adalah : “nenek moyang orang Minang adalah imigran dan kebudayaan Minangkabau sendiri adalah Kebudayaan Hellenisme, yang kira-kira berawal pada tahun 300-400 M, jadi sampai saat ini baru berumur sekitar 1700-2000 tahun”.

Kita perhatikan lagi kalimat kaba diatas dan kita urai satu persatu untuk memperkuat hipotesa barusan. Kenapa harus timbalan Raja Rum, Tiongkok dan Raja Laut. Kenapa bukan Persia, Melayu Tua atau bahkan Siam yang sezaman dengan itu.

Mudah dipahami, karena merujuk pada teori bahagian pertama, bahwa imigran yang bersekutu mendirikan kebudayaan baru Minangkabau (yang saat itu belumlah bernama Minangkabau) adalah berasal dari wilayah-wilayah tersebut. Jadi penyebutan ini untuk menegaskan identitas masing-masing. Ini mirip halnya dengan terbentuknya negara Amerika Serikat yang dihuni imigran dari Inggris, Irlandia, Jerman, Italia, Perancis dan Spanyol pada awalnya. Bundo Kanduang adanya sama awalnya dengan adanya Alam ini.

Sebelum anda tergelincir menafsirkan, Anda perlu mempertimbangkan kebiasaan orang Minang yang senang mempergunakan kiasan. Misalnya, bekas istri atau janda disebut sebagai kain lama atau lebih populer bugih lamo.  Namun kata-kata “Alam” disini kebetulan bukanlah kiasan, ia bahkan lebih sederhana dari itu. Anda mungkin mencap saya gila jika setuju bahwa Bundo Kanduang tercipta pada saat Alam Semesta tercipta, lalu Nabi Adam ditempatkan di mana? Anda keliru.

Pertama sekali yang harus anda pikirkan adalah, apa arti “Alam” dalam konsepsi orang Minangkabau. Nah itu dia kuncinya. Alam dalam konsepsi Minangkabau klasik tentulah tidak sama artinya dengan Alam Semesta dan Makrokosmos seperti dalam pengertian Agama, Science atau Kebudayaan lain. Alam (Alam Minangkabau) bagi orang Minang tidak lebih adalah wilayah kekuasaan, atau lebih sederhananya Kerajaan, atau lebih definitifnya wilayah Luhak Nan Tigo. Jadi kalimat diatas sepantasnya dimaknai, Bundo Kanduang itu adanya sama awalnya dengan kerajaan yang dipimpinnya. Atau dengan kata lain adalah beliau (siapapun dirinya) adalah raja pertama/pemimpin pertama/pendiri dari kerajaan yang dipimpinnya (apapun nama kerajaan itu).

Saya yakin, sekarang semuanya sudah lebih masuk akal. Bahagian ketiga tulisan saya akan menguak misteri perangkat-perangkat politik Minangkabau klasik, semacam Basa Ampek Balai, Jabatan-jabatan kehormatan Koto Piliang, Rajo nan Tigo Selo dan sebagainya. Perangkat-perangkat ini sangat modern untuk ukuran wilayah-wilayah lain disekitar Minangkabau atau bahkan di Nusantara pada masa itu. Tidak ada penjelasan lain yang lebih logis daripada, semuanya ini pastilah “diimpor” (termasuk didalamnya arsitektur dan sistem pertanian).

Sumber : http://mozaikminang.wordpress.com/2009/10/09/lagi-lagi-soal-asal-usul-orang-minang-teori-puzzle-bahagian-ii/

Tentang YHOHANNES NEOLDY, ST

Seberapa besar kita mengenal diri kita sendiri, tentunya hanya kita yang tau. Kita bisa berbicara A didepan orang mengenai diri kita. tapi bisakah kita mengatkan B pada Hati kita. tentunya tidak sejujurnya kita tidak dapat membohongi hati kita. kita suka terhadap sesuatu tapi dengan berbagai pertimbnagan kita malas mengungkapakan hal tersebut….kenapa dan mengapa??? tentunya hanya kita yang tahu. apakah sebegitu memalukannya hal yang kita inginkan sehingga kita tidak berani dan enggan mengungkapkannya. …saiYah… kLo suRuh descrIbe aBouT mY seLf.. gw seNdiri biNguNg.. seTiaP haRi aDa yG beRubaH.. eNTah yG baIk ataU yaNg buRux.. yG pasti gw bUkaN oRang yaNg meNgikuTi aRus.. BiaR kaN meReka di LUaR saNa beRmaiN deNgan maiNaNnya.. aKu deNgaN maiNaN ku seNdiri.. Gw kadaNg gILa kaDang meLankoLis kadaNg juga sTatis.. haNya terKadaNg hiduP ku teRLalu draMatis tuK ku ceRitaKan.. aKu oRang aNeH yG taK peRnah teRteBak oLeh Ku sendirI keMaNa jaLan yG ku tUju..HaL baRu.. aKu peMbuRu haL baRu.. di dUNia iNi banYak haL yg beLum ku keNaL.. MuNgkiN akaN ku haBis kaN hiduP ku uNTuK iTu daN bersEraH diRi seUtuHnya pada-Nya.. peTuaLaNg.. iTu meMaNg! oRaNg yG maLang.. Ku rasa aKu iNgiN puLaNg.. ke JaLan iTu.. BUkaN meLayaNg” spRti saaT ini.. aKu aneH.. peNuh deNgan diLemaTis.. taPi aKu taU siaPa aKu.. aH ribeT.. neoldy… neoldy… saMa saJa.. sILahkaN kaLIan yG meNiLai.. sUdaH banyaK Kok yaNg meniLai.. tesTi Ku saJa yG kaLIan baca tUk mengeNaL ku.. yG kadaNg giLa kadaNg aneH.. RibeTtttttttttt!!!!!!! PokoknYa yg pEngen taU gMn gW oR6nYa cobaLah utK l3bih deKaT..deKaT..DeKaT..Dekat..terUs..Terus..TerUs bElUm DeKat.. TRus dah ah BaHaYa terLaLu dEkaT……………….”WARNING” Lagi….. Saya lebih suka memulai dari bawah dan mendaki kepuncak dari pada memulai dari puncak dan harus tetap bertahan disana. Berbagai bunga serta kerikil dalam kehidupan ini telah sering aku rasakan, baik itu dalam bentuk cemoohan, cacian, sanjungan, sindiran, pujian, bahkan ada pula dukungan serta tekanan yang membuatku semakin hidup ini menjadi lebih bisa aku maknai. Tapi semua itu hanya pandangan orang dari luar saja, hati ini tak ada yang tau aku merasakan apa saat ini, sakitkah aku, pedihkan aku, teririskah aku atau senangkah aku, bahagiakan aku, ceriakah aku itu semua hanya hatiku yang membawa kemana aku harus melangkah mencari jalan yang benar2 lurus tanpa duri2. Meski kesedihan terus menggantung pada kelopak mata ini berusaha menarik terus dengan kuat air mataku untuk keluar dan terkadang tangisan itu tak bisa ku bendung sampai tersedu-sedu. Aku berjuang dengan tangnku sendiri hanya mama dan nenek ku yang perhatian untukku. Menghormati diri sendiri, mengenal diri sendiri, mengendalikan diri sendiri. Tiga ini saja mengarahkan hidup pada kekuatan yang berddaulat. Ingatlah kebaikan seseorang pada kita Lupakan kesalahan seseorang pada kita Ingatlah kesalahan kita pada orang lain dan Lupakan kebaikan kita pada orang lain jangan berdusta bila tak ingin didustai… Ketika Seseorang melukai hatimu, tulislah diatas pasir agar terhapus angin. Bila kebaikan yang terjadi, pahatlah di atas batu agar tidak terhapus oleh angin. Saat hidup berjalan di luar rencana pasti ada sesuatu keajaiban di dalamnya. Hanya orang-orang yang bisa berfikir jernih yang akan mampu memunculkan ke ajaiban itu dan memahami bawah hidup itu misteri. Kemandirian untuk mengisi waktu muda dengan hal-hal positif dan tidak takut akan adanya perbedaan. Serta kemandirian untuk selalu melahirkan kreatifitas dan inovasi dalam mencari penyelesaian permasalahan, tanpa berharap adanya kesempatan dari orang lain. “Dan jangan terlalu cepat menilai seseorang … apalagi baru bertemu atau cuma melihat dari jauh! Kenali dulu orang itu, baru menilai! Bak pitua urang minang, “KOK NDAK TAU JO GADANG OMBAK CALIEK KAPANTAINYO, KOK NDAK TAU JO GADANG KAYU CALIK KA PANGKANYO” Kehidupan mengajarkan aku untuk bersikap bisa menerima kenyataan pengalaman mengajarkan aku akan arti kejujuran kebenaran tak akan penah terkalahkan oleh satu apapun karna saat kejujuran itu berkata maka kebenaran akan mengungkapkan semuanya salah bagi mereka yang menyalahkan kan arti kejujuran .. salah bagi mereka yang tak memperdulikan kebenaransalah untuk mereka yang menutup mata telinga hati dan pikiran untuk mengetahui kenyataan kejujuran dan kebenaran. Dalam hidup ini butuh perjuangan. Dalam hidup ini perlu pengorbanan. Dan dalam hidup ini aku harus melakukan hal yang benar meskipun berbahaya!!! CINTA KEBAHAGIAAN KASIH SAYANG PERSAHABATAN TUMBUHNYA DARI HATI YANG TULUS. Aku akan mencintai orang yang mencitaiku dan akan menjaga mereka dengan sepenuh hati tidak akan menyakitinya dan lukai hatinya karna cinta semua akan terasa indah cuman GW yang bisa ngedapetin hatinya Saat hidup berjalan di luar rencana pasti ada sesuatu keajaiban di dalamnya. Hanya orang-orang yang bisa berfikir jernih yang akan mampu memunculkan ke ajaiban itu dan memahami bawah hidup itu misteri Uang tidak akan bisa mengembalikan waktu yang telah berlalu. Setelah hari berganti, maka waktu 24jam tersebut akan hilang dan tidak akan mukin akan kembali lagi. Karena itu gunakan setiap kesempatan yang ada untuk menytakan perhatian dan kasih sayang anda kepada orang yang sangat anda sayang dan anda cintai, sebelum waktu itu berlalu dan anda menyesalinya. “Untuk melakukan suatu perubahan bukanlah tugas yg mudah. Kadang kita dihina, dicaci, diremehkan & bahkan difitnah. Kita harus berterimakasih kepada mereka untuk menunjukkan & membuktikan bahwa kita bisa. semua tantangan itu akan dapat teratasi.” Dimana kita berdiri tidak penting, yang penting mau kemana kita akan melangkah. Tentukan tujuan dari sekarang, cintai prosesnya dan mimpikan hasil terbaiknya! Berapa besar kepercayaan orang, ditentukan oleh seberapa besar kejujuran dan kredibilitas kita. Bangun kredebilitas dan tetaplah mengutamakan kebenaran hakiki yang tidak bisa ditawar lagi. Tidak peduli dengan latar belakang keluarga, yang penting kita mau melakukan sesuatu dan kita berada di jalur yang tepat dan mau tumbuh juga berkembang. Orang tua kita siapa itu tidak penting, terpenting kita mau jadi anak yang bagaimana. Tidak peduli masa lalu, yang penting hari ini, esok dan seterusnya. Tak perlu pikirkan buruknya masa lalu, hinannya kita di masa lalu, yang penting kita mau memikirkan dan berubah mulai sekarang untuk hari esok. Tidak peduli siapa diri kita di mata orang lain, yang penting kita mau melihat orang lain dari sisi terbaiknya dan mau melihat diri kita dari sisi terbaik dan terburuknya. Fokuslah pada kelebihan yang kita miliki. Sukses bukan berarti serba bisa! Buah yang akan kita petik, ditentukan dari bagaimana kita menanamnya. Lakukan yang terbaik dan tetaplah konsiten. Bagaimana sekarang kita berproses, maka inilah yang akan menentukan hasil akhir dari semuanya. Tuhan tidak pernah tidur, kuasanya tahu mana hamba-hambanya yang mau melakukan sesuatu dan bekerja keras, berdo’a dan meyakini bahwa tuhan akan ikut campur tangan untuk hal-hal yang diluar kemampuan kita. Tetaplah optimis dan lakukanlah yang terbaik. Seberapa besar mimpi kita itu tidak penting, yang penting seberapa besar sesuatu yang kita kerjakan dan seberapa tepat kita melakukannya. Timing! “Bukanlah seorang pemuda yang mengatakan INI BAPAK SAYA. Tapi pemuda adalah seorang yang mengatakan INILAH SAYA”
Gambar | Pos ini dipublikasikan di Minangkabau. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s