NAMA YANG TAK ASING LAGI


0853_6303_5722 Oleh : Irsal Husnur

Sejak zaman dahulu kala hingga beberapa tahun yang lalu, ada nama yang sering disebut orang-orang. Terkenal sampai ke berbagai propinsi, pulau, bahkan dunia internasional sekalipun. Walaupun luas daerah ini hanya 42.297,30 km kuadrat itu, yang dibatasi langsung oleh empat provinsi diantaranya; Sumatra Utara, Riau, Jambi dan Bengkulu. Sumatra Barat itulah namanya dengan ibu kota Padang. Provinsi ini memiliki penduduk sebanyak 4.846.909 jiwa yang mayoritas beretnis Minangkabau yang mayoritas beragama Islam. Provinsi ini terbagi menjadi 12 kabupaten dan 7 kota diantaranya; Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Agam, Kabupatem 50 Kota, Kabupaten Padangpariaman, Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Pasisir Selatan, Kabupaten Solok, Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Dhamasraya, Kabupaten Mentawai, Kota Padang, Kota Bukittinggi, Kota Payakumbuh, Kota Padang Panjang, Kota  Pariaman, Kota Solok dan Kota Sawahlunto.

Seluruh kota dan kabupaten tersebut memiliki peranan dan dukungan tersendiri terhadap kemajuan, kestabilan ekonomi dan bahkan kemakmuran daerah ini. Setiap daerah memiliki potensi-potensi yang berbeda-beda, sehingga dengan beraneka ragam potensi tersebut membuat daerah ini makmur dan saling membutuhkan satu sama lain. Itu semua terlihat dengan adanya kerja sama antara satu daerah dengan darah lain lain yang ada dalam kawasan daerah Sumatra Barat melalui pendidikan, bantuan sosial kemasyaratan, pelatihan tenaga kerja dan sebagainya.


Walaupun daerah Sumatra Barat ini dari dalulu hingga sekarang telah banyak melahirkan nama-nama terkemuda. Bukan hanya di terkenal di daerah, nasional, bahkan dunia mengakuinya, mereka telah mengharumkan nama Indonesia dimata dunia. Mereka telah mempertarukan jiwa, raga dan harta mereka untuk bisa melihat Indonesia ini bisa tersenyum ketika berada ditengah-tengah negara berkembang bahkan negara maju sekalipun. Siapa lagi yang tidak kenal dengan Bung Hatta seorang bapak proklamator seligus penulis yang berasal dari Sumatra Barat. Ada lagi Buya Hamka, Muhammad Natsir, Taufik Ismail dan masih banyak lagi. Mereka itu telah dikenal oleh dunia luar walaupun jasa-jasanya itu di remehkan oleh Indonesia sendiri di awal kemunculannya. Akan tetapi hasil usaha dan pemikirannya ini sangat dihargai belahan dunia luar dan mencengangkan seluruh dunia akan hasil karya dan usaha mereka.

Sebenarnya ku heran dengan pandangan bangsa ini, bagaimana bisa orang-orang sehebat mereka dengan pemikiran-pemikiran yang maju dianggap remeh dan tidak masuk akal. Banyak orang-orang asli bangsa Indonesia ini yang sukses di negara orang lain dari pada di negaranya sendiri. Memang segala usaha yang kita lakukan dengan semaksimal mungkin hanya dapat dinilai dari hasil yang kita capai. Akan tetapi mereka tidak perna menilai dan mengamati bagaimana perjuangan, kegigihan, usaha yang dilakukan untuk mencapai semua itu. Walaupun sekarang ini negara Indonesia tergolong negara berkembang berkemungkinan akan menjadi salah satu negara maju dimasa yang akan datang. Itu semua harus dengan usaha bersama dan kerja keras bahu menbahu dalam pencapaianya. Bukan saling tuding menuding atau salah mengalahkan sesama kita yang berbeda dearah.

Indonesia menjadi daerah berkembang itu semua tidak luput dari dukungan dan kerja sama setiap daerah yang ada di Indonesia. Apalagi daerah Sumatra Barat yang kaya akan hasil tambang, budaya, pariwisata, hasil pertanian dan sebagainya. Semua itu akan sangat memberikan efek positif terhadap kemajuan daerah Sumatra Barat dan mau tidak mau akan membawa nama Indonesia itu sendiri. Memang untuk menjadi lebih baik itu sangat sulit akan tetapi itu perlu waktu dan pembuktian. Walaupun Sumatra Barat tidak dimasukan menjadi salah satu daerah prioritas percepatan pembangunan nasional untuk ke depannya. 

Sebenarnya daerah Sumatra Barat sangat strategis sebagai salah satu daerah yang menjadi prioritas pembangunan nasional. Lihatlah daerah yang terletak ditengah Pulau Sumatra ini memeiliki potensi yang sangat komplit dan kaya akan alamnya; hutan yang berhektar-hektar luasnya didalamnya tersimpan Batu Bara yang bisa dimanfaatkan untuk puluhan tahun ke depan. Bahkan hutan-hutan yang memiliki berbagai fauna dan faura yang tidak kalah dengan negara-ngara lain. Samutra yang terbentang di sebelah daerah Sumatra Barat yang penuh dengan berbagai macam kekayaan alam yaitu Samutra Indonesia. Mulai dari terumbu karang, berbagai jenis ikan, tumbuhan laut yang belum bisa dimanfaatkan secara optimal. 

Walaupun bangsa Indonesia memandang sebelah mata terhadap daerah Sumatra Barat sejak kejadian dulu sampai sekarang yang dianggap membahayakan kedudukan pemerintahan saat ini. Akan tetapi daerah Sumatra Barat sempat menjadi daerah pemerintahan sementara bangsa ini dengan sebutan PDRI (Pemerintahan Darurat Republik Indonesia). Daerah Sumatra Barat seharusnya menjadi daerah pertama yang menjadi prioritas pembangunan nasional dan baru daerah-daerah di sekitar Sumatra Barat seperti Propinsi Jambi, Propinsi Riau, Propinsi Sumatra Utara dan seterusnya.

Kebiksanaan yang telah ditetapkan pemerintah NKRI itu sangat merugikan sekali bagi derah Sumatra Barat dan kemajuannya. Walaupun keputusan itu tidak bisa ditarik lagi akan tetapi kita jadikan tantangan tersebut menjadi peluang kita untuk membuktikan kepada pemerintah bahwa daerah yang tidak dianggap ini atau daerah yang yang terlupakan ini akan lebih maju dan lebih baik dari daerah-daerah yang di banding daerah yang telah disepakatinya. Ingatlah, bukan tidak bisa daerah kita maju lebik dari itupun kita bisa. Itu semua tidak terlepas dari partisipasi semua daerah di kawasan Sumatra Barat saling bahu membahu dalam mencapainya. Bukan tidak bisa kita bisa mengamainya bahkan kita bisa melebihi daerah lain jika kita saling bekerja sama mewujudkannya.

Semua itu tidak terlepas dari kebijakan yang diambil oleh pemerintah daerah sendiri dan tentunya dapat juga bekerja sama dengan seluruh daerah-daerah yang ada di kawasan Sumatra barat. Jika pemerintah daerah Propinsi Sumatra Barat mengumpulkan semua petinggi daerah masing-masing dan mengungkapkan hal tersebut di hadapan semuanya. Buat semua kepala daerah itu yakin dengan tantangan ada kepada mereka agar mereka bisa bekerja dengan semangat dan bisa juga meyakinkan daerah –daerah yang ada di bawahnya. 

Daerah kita terkenal dengan pariwisata yang sangat indah dan ternama diseluruh pelosok dunia, akan tetapi kita tidak pernah berpikir untuk mengolah dan membuat daerah yang indah itu semakin indah dan dapat mengikat para pengunjung dari luar daerah Sumatra Barat berbondong-bondong berdatangan. Misalnya Pulau Sikuai yang telah lama tidak terurus, benteng Van Der Kavelen yang kurang terawat. Seharusnya kita terus mengadakan perbaikan prasana dan sarana untuk para pengunjung agar mereka setiap kali datang merasakan suasana yang berbeda dari sebelum mereka berkunjung pertama.

Setelah semua prasana dan sarana yang terpenuhi kita beralih kepada pelayanan yang baik terhadap setiap pengunjung yang datang. Walaupun mereka datang dari berbagai daerah baik di sekitar daerah Sumatra barat, luar Pulau Sumatra bahkan manca negara sekalipun agar mereka mendapatkan hal-hal yang lebih di daerah Sumatra Barat ini dibanding dengan darah lain. Daerah kita memilki potensi yang banyak akan tetapi tidak mampu untuk mengelolah semua potensi yang ada. 

Setiap kepala daerah yang berada didalam kawasan Sumatra Barat harus selalu mengadakan ruangan atau media komunikasi yang selalu bisa memberikan masukan, saran dan memberikan solusi dalam mengahadapi setiap persoalan yang ada. Misalnya dengan mengalakan pertemuan pembangunan daerah, kemajuan pendidikan di setiap daerah, pengelolaan pariwisata yang lebih baik dan diminati banyak orang serta perekonomian daerah ke depannya. 

Sekarang ini pemuda-pemudi daerah sekarang ini banyak yang tidak tahu menahu dengan perkembangan dan situasi daerahnya sendiri. Mereka lebih senang pergi kesini, pergi sana tampa mengenal waktu dan prilaku yang tidak sesuai dengan dengan kebudayaan Minangkabau ini. Jika pemerintah daerah menetapkan kebijakan wajib membaca dan menulis bagi setiap siswa di sekolah. Tidak heran lagi daerah Sumatara Barat yang banyak melahirkan penulis-penulis ternama sejak dari dahulu hingga sekarang ini. Bukan tidak bisa kita menciptakan daerah Sumatra Barat menjadi daerah ‘Seribu Penulis’ nantinya. Jika semua itu di mulai dari usia dini tidak akan sulit bagi pemerintah untuk mewujudkan semua itu.

Maka terciptalah berbagai macam karya-karya dan buku-buku setiap bulan bahkan setiap minggu di pasaran. Serta terlahirlah berbagai bangunan baru disetiap sudut kota di daerah Sumatara Barat ini sebuah gedung yang dipenuhi dengan berbagai macam buku-buku karya anak daerah sendiri. Maka kita akan melihat di setiap sudut kota yang biasa dipenuhi dengan kelompok-kelompok yang berkumpul tampa manfaat akan lahir menjadi kelompok yang asyik berdiskusi dan membaca buku satu sama lain.

Setiap siapa saja yang berhasil menciptakan suatu karya-karya, buku-buku maka harus diberi apresiasi, agar mereka lebih bersemangat lagi membuat karya-karya yang lebih baik dari sebelumnya. Membaca adalah suatu hal yang dapat membuat cakrawali berfikir kita akan terus berkembang dan maju. Maka secara tidak sadar daerah Sumatra Barat ini akan lebih dikenal dan diharagai setiap orang. Bakan akan membuat pemasukan keuangan di setiap daerah dengan berdatangan berbagai turis dan pengunjung dari luar daerah. Bahkan pembangunan di setiap daerah akan lancar dengan adanya hal tersebut.

Bayangkan saja jika setiap pariwisata memiliki satu buah perpustakaan yang penuh akan buku-buku dan mau tidak mau akan terciptalah penerus masa depan yang cerdas, kreatif dan berpengetahuan yang luas. Walaupun pemerintah hanya mengeluarkan wajar (wajib belajar) kepada semua masyarakat. Jangan hanya terpaku dengan pelajaran yang telah diajarkan akan tetapi kita bisa mencari pelajaran atau hal-hal lain yang dapat menambah ilmu kita menjadi bertambah. Itu semua dengan kebijakan wajib membaca dan menulis setiap hari kepada setiap siswa. Misalnya menargetkan buku-buku yang akan dibaca oleh para siswa dan menulis berbagai macam yang telah ditetapkan sebelumnya.

Mari kita mambangkik batang tarandam dengan cara mencerdaskan anak-anak daerah sebagai penerus kepemimpinan yang lebih baik nantinya. Sebenarnya banyak daerah-daerah kita ini yang belum disentuh atau belum diolah oleh tangan manusia hingga sekarang ini. Jika semua potensi-potensi daerah itu kita jadikan sebagai langkah awal untuk melangkah menuju Sumatra Barat yang lebih baik lagi. Kita tidak perlu banyak janji-janji saat ini, yang penting pembuktian pembangunan itu sendiri. Sekarang ini peraturan adat disetiap daerah saat jauh dari yang diharapkan atau sudah mulai renggang dengan peraturan adat istiadat. Ada orang yang peduli dan berpikir maju akan tetapi tidak semua pihak yang mendukung kegiatan dan menjalankan hal tersebut.

Dari dahulu Sumatra Barat dikenal sebagai daerah pemikir terbaik yang banyak melahirkan pemungka-pemungka adat yang terkemuka dan disengani. Seiring berjalannya waktu semua terasa ditelan bumi hingga sulit mencari orang-orang yang bisa diajak ketengah dan dapat memimpim daerah ini. Akankah kita terus terbawa arus modernisasi ke dasar jurang yang mencekam hingga terlena melihat daerah lain terus berlari mengejar kita.

Dibeberapa daerah sering terjadi macet yang membuat semua orang merasa terganggu dan mengeluh. Itu salah satu kendali yang harus diperbaiki setiap kota dan kabupaten untuk menertipkan jalanan yang bersih dan astri dari kemacetan dan hasap kendaraan yang tidak sehat. Pemerintah daerah harus berani mengambil keputusan untuk mengubah daerah ini menjadi daerah yang betul-betul disengani dan dihargai daerah lain.

Lihatlah daerah ibu kota negara sekarang ini telah terancam bahaya yang terus menghantui dengan berbagai bencana yang silih berganti. Harusnya mereka membuka mata untuk membangun daerah Sumatra Barat ini menjadi salah satu yang akan menjadi target daerah ibu kota demi keamanan dan kelangsungan negara Indonesia ini sendiri.  Daerah yang subur dan penuh dengan potensi alam yang mendukung serta keindahan alam yang sangat indah.

Mari kita wujudkan daerah Sumatra Barat menuju salah satu daerah yang sukses membawa kemajuan yang pesat menuju yang lebih baik lagi. Hai para pemengang amanah jangan perna ragu untuk mengambil tindakan tegas demi kemujuan daerah Sumatra Barat ini. Tiada keputusan yang akan terbuang sia-sia jika semua telah maju dan seiring sekata demi kata-kata Sumatra Barat pasti bisa.

(Atikel  ini dibuat dalam rangka menggikuti loba Karya tulis dengan Tema Bersama Membangun Sumatera Barat) yang di selengarakan oleh President Institute

Tentang YHOHANNES NEOLDY, ST

Seberapa besar kita mengenal diri kita sendiri, tentunya hanya kita yang tau. Kita bisa berbicara A didepan orang mengenai diri kita. tapi bisakah kita mengatkan B pada Hati kita. tentunya tidak sejujurnya kita tidak dapat membohongi hati kita. kita suka terhadap sesuatu tapi dengan berbagai pertimbnagan kita malas mengungkapakan hal tersebut….kenapa dan mengapa??? tentunya hanya kita yang tahu. apakah sebegitu memalukannya hal yang kita inginkan sehingga kita tidak berani dan enggan mengungkapkannya. …saiYah… kLo suRuh descrIbe aBouT mY seLf.. gw seNdiri biNguNg.. seTiaP haRi aDa yG beRubaH.. eNTah yG baIk ataU yaNg buRux.. yG pasti gw bUkaN oRang yaNg meNgikuTi aRus.. BiaR kaN meReka di LUaR saNa beRmaiN deNgan maiNaNnya.. aKu deNgaN maiNaN ku seNdiri.. Gw kadaNg gILa kaDang meLankoLis kadaNg juga sTatis.. haNya terKadaNg hiduP ku teRLalu draMatis tuK ku ceRitaKan.. aKu oRang aNeH yG taK peRnah teRteBak oLeh Ku sendirI keMaNa jaLan yG ku tUju..HaL baRu.. aKu peMbuRu haL baRu.. di dUNia iNi banYak haL yg beLum ku keNaL.. MuNgkiN akaN ku haBis kaN hiduP ku uNTuK iTu daN bersEraH diRi seUtuHnya pada-Nya.. peTuaLaNg.. iTu meMaNg! oRaNg yG maLang.. Ku rasa aKu iNgiN puLaNg.. ke JaLan iTu.. BUkaN meLayaNg” spRti saaT ini.. aKu aneH.. peNuh deNgan diLemaTis.. taPi aKu taU siaPa aKu.. aH ribeT.. neoldy… neoldy… saMa saJa.. sILahkaN kaLIan yG meNiLai.. sUdaH banyaK Kok yaNg meniLai.. tesTi Ku saJa yG kaLIan baca tUk mengeNaL ku.. yG kadaNg giLa kadaNg aneH.. RibeTtttttttttt!!!!!!! PokoknYa yg pEngen taU gMn gW oR6nYa cobaLah utK l3bih deKaT..deKaT..DeKaT..Dekat..terUs..Terus..TerUs bElUm DeKat.. TRus dah ah BaHaYa terLaLu dEkaT……………….”WARNING” Lagi….. Saya lebih suka memulai dari bawah dan mendaki kepuncak dari pada memulai dari puncak dan harus tetap bertahan disana. Berbagai bunga serta kerikil dalam kehidupan ini telah sering aku rasakan, baik itu dalam bentuk cemoohan, cacian, sanjungan, sindiran, pujian, bahkan ada pula dukungan serta tekanan yang membuatku semakin hidup ini menjadi lebih bisa aku maknai. Tapi semua itu hanya pandangan orang dari luar saja, hati ini tak ada yang tau aku merasakan apa saat ini, sakitkah aku, pedihkan aku, teririskah aku atau senangkah aku, bahagiakan aku, ceriakah aku itu semua hanya hatiku yang membawa kemana aku harus melangkah mencari jalan yang benar2 lurus tanpa duri2. Meski kesedihan terus menggantung pada kelopak mata ini berusaha menarik terus dengan kuat air mataku untuk keluar dan terkadang tangisan itu tak bisa ku bendung sampai tersedu-sedu. Aku berjuang dengan tangnku sendiri hanya mama dan nenek ku yang perhatian untukku. Menghormati diri sendiri, mengenal diri sendiri, mengendalikan diri sendiri. Tiga ini saja mengarahkan hidup pada kekuatan yang berddaulat. Ingatlah kebaikan seseorang pada kita Lupakan kesalahan seseorang pada kita Ingatlah kesalahan kita pada orang lain dan Lupakan kebaikan kita pada orang lain jangan berdusta bila tak ingin didustai… Ketika Seseorang melukai hatimu, tulislah diatas pasir agar terhapus angin. Bila kebaikan yang terjadi, pahatlah di atas batu agar tidak terhapus oleh angin. Saat hidup berjalan di luar rencana pasti ada sesuatu keajaiban di dalamnya. Hanya orang-orang yang bisa berfikir jernih yang akan mampu memunculkan ke ajaiban itu dan memahami bawah hidup itu misteri. Kemandirian untuk mengisi waktu muda dengan hal-hal positif dan tidak takut akan adanya perbedaan. Serta kemandirian untuk selalu melahirkan kreatifitas dan inovasi dalam mencari penyelesaian permasalahan, tanpa berharap adanya kesempatan dari orang lain. “Dan jangan terlalu cepat menilai seseorang … apalagi baru bertemu atau cuma melihat dari jauh! Kenali dulu orang itu, baru menilai! Bak pitua urang minang, “KOK NDAK TAU JO GADANG OMBAK CALIEK KAPANTAINYO, KOK NDAK TAU JO GADANG KAYU CALIK KA PANGKANYO” Kehidupan mengajarkan aku untuk bersikap bisa menerima kenyataan pengalaman mengajarkan aku akan arti kejujuran kebenaran tak akan penah terkalahkan oleh satu apapun karna saat kejujuran itu berkata maka kebenaran akan mengungkapkan semuanya salah bagi mereka yang menyalahkan kan arti kejujuran .. salah bagi mereka yang tak memperdulikan kebenaransalah untuk mereka yang menutup mata telinga hati dan pikiran untuk mengetahui kenyataan kejujuran dan kebenaran. Dalam hidup ini butuh perjuangan. Dalam hidup ini perlu pengorbanan. Dan dalam hidup ini aku harus melakukan hal yang benar meskipun berbahaya!!! CINTA KEBAHAGIAAN KASIH SAYANG PERSAHABATAN TUMBUHNYA DARI HATI YANG TULUS. Aku akan mencintai orang yang mencitaiku dan akan menjaga mereka dengan sepenuh hati tidak akan menyakitinya dan lukai hatinya karna cinta semua akan terasa indah cuman GW yang bisa ngedapetin hatinya Saat hidup berjalan di luar rencana pasti ada sesuatu keajaiban di dalamnya. Hanya orang-orang yang bisa berfikir jernih yang akan mampu memunculkan ke ajaiban itu dan memahami bawah hidup itu misteri Uang tidak akan bisa mengembalikan waktu yang telah berlalu. Setelah hari berganti, maka waktu 24jam tersebut akan hilang dan tidak akan mukin akan kembali lagi. Karena itu gunakan setiap kesempatan yang ada untuk menytakan perhatian dan kasih sayang anda kepada orang yang sangat anda sayang dan anda cintai, sebelum waktu itu berlalu dan anda menyesalinya. “Untuk melakukan suatu perubahan bukanlah tugas yg mudah. Kadang kita dihina, dicaci, diremehkan & bahkan difitnah. Kita harus berterimakasih kepada mereka untuk menunjukkan & membuktikan bahwa kita bisa. semua tantangan itu akan dapat teratasi.” Dimana kita berdiri tidak penting, yang penting mau kemana kita akan melangkah. Tentukan tujuan dari sekarang, cintai prosesnya dan mimpikan hasil terbaiknya! Berapa besar kepercayaan orang, ditentukan oleh seberapa besar kejujuran dan kredibilitas kita. Bangun kredebilitas dan tetaplah mengutamakan kebenaran hakiki yang tidak bisa ditawar lagi. Tidak peduli dengan latar belakang keluarga, yang penting kita mau melakukan sesuatu dan kita berada di jalur yang tepat dan mau tumbuh juga berkembang. Orang tua kita siapa itu tidak penting, terpenting kita mau jadi anak yang bagaimana. Tidak peduli masa lalu, yang penting hari ini, esok dan seterusnya. Tak perlu pikirkan buruknya masa lalu, hinannya kita di masa lalu, yang penting kita mau memikirkan dan berubah mulai sekarang untuk hari esok. Tidak peduli siapa diri kita di mata orang lain, yang penting kita mau melihat orang lain dari sisi terbaiknya dan mau melihat diri kita dari sisi terbaik dan terburuknya. Fokuslah pada kelebihan yang kita miliki. Sukses bukan berarti serba bisa! Buah yang akan kita petik, ditentukan dari bagaimana kita menanamnya. Lakukan yang terbaik dan tetaplah konsiten. Bagaimana sekarang kita berproses, maka inilah yang akan menentukan hasil akhir dari semuanya. Tuhan tidak pernah tidur, kuasanya tahu mana hamba-hambanya yang mau melakukan sesuatu dan bekerja keras, berdo’a dan meyakini bahwa tuhan akan ikut campur tangan untuk hal-hal yang diluar kemampuan kita. Tetaplah optimis dan lakukanlah yang terbaik. Seberapa besar mimpi kita itu tidak penting, yang penting seberapa besar sesuatu yang kita kerjakan dan seberapa tepat kita melakukannya. Timing! “Bukanlah seorang pemuda yang mengatakan INI BAPAK SAYA. Tapi pemuda adalah seorang yang mengatakan INILAH SAYA”
Gambar | Pos ini dipublikasikan di Artikel. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s