KEINDAHAN KOTA BATUSANGKAR


0853_6303_5722Oleh : Irsal Husnur

Hari ini jadwal kuliah ku sangat penuh, mulai dari jam 08.00 WIB ujian tengah semester atau UTS Advance (Akuntansi Keuangan Lanjutan I) pagi ini. Walaupun ku belum begitu paham tentang semua materi Advance akan tetapi ku paham satu dari tiga materi yang akan diujikan. Seperti layaknya setiap mahasiswa mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian tersebut. Ku juga mempersiapkan peluru ku sebelum perang, agar tidak panik, tidak pusing dan kosong kertas ujian ku nantinya serta nilai ku yang bermasalah jika aku tidak belajar.

Alhamdulillah, pagi ini Allah memberikan ku kemudahan menghadapi ujian UTS Advance tersebut, walaupun tidak dapat 100% akan tetapi 80% bisa ku jawal, insya Allah. Itu berkat bantuan Allah yang telah memberikan dan memudahkan ku dalam menjawad soal-soal yang diberikan dosen ku. Setelah selesai ujian ku harus kuliah Inter I (Akuntansi Keuangan I) dengan Pak Fauzi. Walaupun tubuh ini terasa lelah dan capek, ku tidak perna menyerah dengan keadaan dan jadwal yang padat. Semua itu ku lewati dengan enjoy dan bahagia, agar tidak terasa membosankan.

Sebelum selesai belajar Inter tiba-tiba, HP dalam kantong ku bergeter dan membuat ku kaget karena waktu itu sedang fokus dan konsentrasi dengan pelajaran tersebut. Walaupun begitu ku abaikan saja getaran tersebut, sampai selesai kuliah ku ambil HP ku, “Eeee. . . ternyata sms dari kakak ku, agar aku besok membantunya di rumah”. “Ok”, ku balas pesan tersebut singkat.

Setelah melepaskan lelah dan jenuh sebentar dengan sholat zuhur di musholla kampus, tubuh ini segar dan semangat lagi untuk menghadapi kuliah selanjutnya. Walaupun sebentar itu sudah lebih dari cukup untuk ku. Selesai kuliah terakhir ku hari ini, ku langsung pulang dengan motor ku. Tampa ku sadari ternyata tidak terasa kalau semua kuliah berakhir dengan cepat dan menyenangkan.

Bagi ku malam minggu bukanlah malam-malam spesial seperti orang-orang yang lain, karena malam itu ku harus mengisi acara rutinitas ku di asrama yang tidak begitu jauh jauh dari tempat tinggal ku. Seperti itu setiap malam minggu-nya menghabiskan waktu bersama adik-adik di asrama adalah sesuatu hal yang sangat menyenangkan bagi ku untuk mengisi waktu dari pada tidak tahu yang dikerjakan.

Sekitar pukul 09.30 WIB acaranya selesai dan ku melakukan kegiatan pribadi dan istirahat.

***

Setelah selesai sholat subuh, dan menjelang ku berangkat ke tempat kakak ku ku harus menyelesaikan tugas pribadi ku terlebih dahulu. Semua tugas pribadi telah selesai ku kerjakan ku berangkat ke tempat kakak ku di Rambatan. Walaupun jarak Sungayang-Rambatan rumayan jauh tetapi itu tidak menjadi persoalan bagi ku. Jaraknya kira-kira 15 KM, karena itu telah menjadi kebiasaan ku untuk berjalan jauh tidak menjadi beban pikiran buat ku.

Dengan motor Supra X yang selalu selalu menemani perjalanan ku kemana saja yang ku suka dan yang ku menjani tugas-tugas ku. Maka siang itu ku menikmati suasana yang begitu indah dengan alam yang hijau terbentang sejauh mata melihat. Semua terlihat hijau dengan pepohonan yang di bukit-bukit dan ditambah dengan keindahan Gunung Merapi yang mempesona seperti menyapa ku setiap melewatinya dan terlihat di sepanjang jalan menjelang Kota Batusangkar.

***

Sesampai di tempat kakak ku dan membantunya, tidak terasa waktu telah sore dan cuaca mendung di langit. Setelah mandi dan mintak izin dengan kakak ku serta semua orang disana ku pulang ke rumah sekitar pulul 17.45 WIB dengan jalan yang sama dan cuaca yang berbeda. Karena waktu itu gerimis menyambut perjalanan pulang ku, ku tetap melanjutkannya. Seperti biasa jalan-jalan di Kota kecil yaitu Kota Batusangkar, walaupun kecil akan tetapi padat dengan orang-orang yang lalu lalang di pinggiran jalan dan banyaknya motor, mobil yang membuat jalanan sedikit macet.

Akan tetapi, ada sebuah moment yang selama ini ku lewati dan tidak selalu ku hiraukan. Suasana yang membuat ku terpesona dan membuat mata ku segar dengan keindahan yang selama ini tidak ku rasakan.

Ku meletakan motor ku di tengah-tengah Lapangan Cindua Mato, lapangan ini terletak di tengah-tengah Kota Batusangkar. Lapangan ini tidak perna sepi dengan orang-orang yang berkunjung ke tempat ini, seperti ada yang bermain Basket, bermain Futsal, ada yang sekedar duduk saja dan sebagainya. Ternyata waktu sore adalah waktu yang tepat untuk melihat keindahan Kota Batusangkar yang sebenarnya.

Walaupun kota ini kecil dibandingkan dengan kota-kota lain, akan tetapi menyimpan suatu keindahan yang tidak ada dimiliki oleh kota-kota lain di Indonesia. Ditengah-tengah kota kecil ini tumbuh sebuah Pohon Beringin besar yang menjadi tempat atau sarang oleh Burung-burung Bangau. Jika dilihat sekilah tidak begitu indah, unik pohon ini dan dibawahnya pun bau tidak sedap yang berasal dari kotoran Burung-burung Bangau tersebut.

Walaupun mempunyai dampak negatif dari kotoran Burung-burung tersebut tidak menjadi kendala bagi setiap orang yang melewati Pohon Beringin tersebut, karena semua orang-orang seakan-akan disirir oleh tarian burng-burung tersebut. memang Pohon Beringin ini sudah berusia puluhan tahun akan tetapi tetap kokoh dan menjadi rumah salah satu hewan ciptaan Tuhan ini sekitar dua tahun yang lalu. Burung-burung Bangau ini mengalami perkembangan luar biasa sampai saat ini.

Kira-kira pukul 18.00 WIB pertunjukan tarian Burung Bangau pun dimulai, ada ribuan Burung-burung Bangau putih mengelilingi Pohon Beringin tersebut, entah berapa kali ku tidak tahu. Mereka seolah-olah memberikan indahan bagi semua orang dan menyihir ribuan mata yang ada di sekitarnya. Ribuan Burung-burung Bangau Putih berterbangan membentuk sebuah gelombang besar dengan keindahan dan keunikan tarian burung tersebut. Tarian itu seperti membentuk pusaran air besar dengan Pohon Beringin menjadi pusatnya.

Semua terlihat sangat indah, menyegarkan kedua mata ku melihat suasana sore ini begitu mengagumkan, bukan hanya aku tetapi orang-orang yang ada disekitarnya. Mereka terbang melewati ku kira-kira tidak begitu tinggi diatas ku. Semua itu memberikan suasana damai, tentram dan semangat baru buat ku.

Diantara ribuan Burung-burung Bangau Putih tersebut ada dua ekor Burung Bangau Hitam yang ikut berterbangan, yang satu dibawah ribuan burung-burung tersebut dan satunya lagi diatas burung-burung tersebut. Kedua burung tersebut seakan-akan memberikan komando kepada ribuan Burung-buring Bangau Putih itu melakukan tradisi tarian mereka.

Sebagian orang mengabadikan suasana ini dengan membuat video, ada yang mengambil fhoto burung-burung tersebut. tampa terasa ku telah lama duduk dan menyaksikan pertunjukan ribuan Burung-burung Bangau tersebut. Matahari pun mulai menghilang sedikit demi sedikit dan burung-burung tersebut kembali ke sarangnya, disini tampak Pohon Beringin tersebut memutih dengan ribuan burung-burung tersebut. Seolah-olah pohon tersebut memiliki cahaya sendiri, begitu mengagumkan.

Sebelum pulang ku sempat berdiskusi dengan salah seorang pengunjung tentang hal ini, ternyata tarian burung tersebut sudah menjadi kebiasaan Burung-burung Bangau setiap sore dan paginya sekitar pukul 05.30 WIB burung-burung ini juga mencari makan akan tetapi tidak seperti ritual sorenya. Mereka pergi berkelompok kelompok untuk mencari makan.

Akhirnya ku pulang ke rumah setelah terkagum dan terpesona dengan moment tersebut, membuat ku seolah-olah memberikan semangat baru dan tidak perna ku lupakan keindahan Kota Batusangkar yang begitu indah dan unik. Dengan moment tersebut membisikan kepada ku bahwa begitu indah Kota Batusangkar ini.

Tentang YHOHANNES NEOLDY, ST

Seberapa besar kita mengenal diri kita sendiri, tentunya hanya kita yang tau. Kita bisa berbicara A didepan orang mengenai diri kita. tapi bisakah kita mengatkan B pada Hati kita. tentunya tidak sejujurnya kita tidak dapat membohongi hati kita. kita suka terhadap sesuatu tapi dengan berbagai pertimbnagan kita malas mengungkapakan hal tersebut….kenapa dan mengapa??? tentunya hanya kita yang tahu. apakah sebegitu memalukannya hal yang kita inginkan sehingga kita tidak berani dan enggan mengungkapkannya. …saiYah… kLo suRuh descrIbe aBouT mY seLf.. gw seNdiri biNguNg.. seTiaP haRi aDa yG beRubaH.. eNTah yG baIk ataU yaNg buRux.. yG pasti gw bUkaN oRang yaNg meNgikuTi aRus.. BiaR kaN meReka di LUaR saNa beRmaiN deNgan maiNaNnya.. aKu deNgaN maiNaN ku seNdiri.. Gw kadaNg gILa kaDang meLankoLis kadaNg juga sTatis.. haNya terKadaNg hiduP ku teRLalu draMatis tuK ku ceRitaKan.. aKu oRang aNeH yG taK peRnah teRteBak oLeh Ku sendirI keMaNa jaLan yG ku tUju..HaL baRu.. aKu peMbuRu haL baRu.. di dUNia iNi banYak haL yg beLum ku keNaL.. MuNgkiN akaN ku haBis kaN hiduP ku uNTuK iTu daN bersEraH diRi seUtuHnya pada-Nya.. peTuaLaNg.. iTu meMaNg! oRaNg yG maLang.. Ku rasa aKu iNgiN puLaNg.. ke JaLan iTu.. BUkaN meLayaNg” spRti saaT ini.. aKu aneH.. peNuh deNgan diLemaTis.. taPi aKu taU siaPa aKu.. aH ribeT.. neoldy… neoldy… saMa saJa.. sILahkaN kaLIan yG meNiLai.. sUdaH banyaK Kok yaNg meniLai.. tesTi Ku saJa yG kaLIan baca tUk mengeNaL ku.. yG kadaNg giLa kadaNg aneH.. RibeTtttttttttt!!!!!!! PokoknYa yg pEngen taU gMn gW oR6nYa cobaLah utK l3bih deKaT..deKaT..DeKaT..Dekat..terUs..Terus..TerUs bElUm DeKat.. TRus dah ah BaHaYa terLaLu dEkaT……………….”WARNING” Lagi….. Saya lebih suka memulai dari bawah dan mendaki kepuncak dari pada memulai dari puncak dan harus tetap bertahan disana. Berbagai bunga serta kerikil dalam kehidupan ini telah sering aku rasakan, baik itu dalam bentuk cemoohan, cacian, sanjungan, sindiran, pujian, bahkan ada pula dukungan serta tekanan yang membuatku semakin hidup ini menjadi lebih bisa aku maknai. Tapi semua itu hanya pandangan orang dari luar saja, hati ini tak ada yang tau aku merasakan apa saat ini, sakitkah aku, pedihkan aku, teririskah aku atau senangkah aku, bahagiakan aku, ceriakah aku itu semua hanya hatiku yang membawa kemana aku harus melangkah mencari jalan yang benar2 lurus tanpa duri2. Meski kesedihan terus menggantung pada kelopak mata ini berusaha menarik terus dengan kuat air mataku untuk keluar dan terkadang tangisan itu tak bisa ku bendung sampai tersedu-sedu. Aku berjuang dengan tangnku sendiri hanya mama dan nenek ku yang perhatian untukku. Menghormati diri sendiri, mengenal diri sendiri, mengendalikan diri sendiri. Tiga ini saja mengarahkan hidup pada kekuatan yang berddaulat. Ingatlah kebaikan seseorang pada kita Lupakan kesalahan seseorang pada kita Ingatlah kesalahan kita pada orang lain dan Lupakan kebaikan kita pada orang lain jangan berdusta bila tak ingin didustai… Ketika Seseorang melukai hatimu, tulislah diatas pasir agar terhapus angin. Bila kebaikan yang terjadi, pahatlah di atas batu agar tidak terhapus oleh angin. Saat hidup berjalan di luar rencana pasti ada sesuatu keajaiban di dalamnya. Hanya orang-orang yang bisa berfikir jernih yang akan mampu memunculkan ke ajaiban itu dan memahami bawah hidup itu misteri. Kemandirian untuk mengisi waktu muda dengan hal-hal positif dan tidak takut akan adanya perbedaan. Serta kemandirian untuk selalu melahirkan kreatifitas dan inovasi dalam mencari penyelesaian permasalahan, tanpa berharap adanya kesempatan dari orang lain. “Dan jangan terlalu cepat menilai seseorang … apalagi baru bertemu atau cuma melihat dari jauh! Kenali dulu orang itu, baru menilai! Bak pitua urang minang, “KOK NDAK TAU JO GADANG OMBAK CALIEK KAPANTAINYO, KOK NDAK TAU JO GADANG KAYU CALIK KA PANGKANYO” Kehidupan mengajarkan aku untuk bersikap bisa menerima kenyataan pengalaman mengajarkan aku akan arti kejujuran kebenaran tak akan penah terkalahkan oleh satu apapun karna saat kejujuran itu berkata maka kebenaran akan mengungkapkan semuanya salah bagi mereka yang menyalahkan kan arti kejujuran .. salah bagi mereka yang tak memperdulikan kebenaransalah untuk mereka yang menutup mata telinga hati dan pikiran untuk mengetahui kenyataan kejujuran dan kebenaran. Dalam hidup ini butuh perjuangan. Dalam hidup ini perlu pengorbanan. Dan dalam hidup ini aku harus melakukan hal yang benar meskipun berbahaya!!! CINTA KEBAHAGIAAN KASIH SAYANG PERSAHABATAN TUMBUHNYA DARI HATI YANG TULUS. Aku akan mencintai orang yang mencitaiku dan akan menjaga mereka dengan sepenuh hati tidak akan menyakitinya dan lukai hatinya karna cinta semua akan terasa indah cuman GW yang bisa ngedapetin hatinya Saat hidup berjalan di luar rencana pasti ada sesuatu keajaiban di dalamnya. Hanya orang-orang yang bisa berfikir jernih yang akan mampu memunculkan ke ajaiban itu dan memahami bawah hidup itu misteri Uang tidak akan bisa mengembalikan waktu yang telah berlalu. Setelah hari berganti, maka waktu 24jam tersebut akan hilang dan tidak akan mukin akan kembali lagi. Karena itu gunakan setiap kesempatan yang ada untuk menytakan perhatian dan kasih sayang anda kepada orang yang sangat anda sayang dan anda cintai, sebelum waktu itu berlalu dan anda menyesalinya. “Untuk melakukan suatu perubahan bukanlah tugas yg mudah. Kadang kita dihina, dicaci, diremehkan & bahkan difitnah. Kita harus berterimakasih kepada mereka untuk menunjukkan & membuktikan bahwa kita bisa. semua tantangan itu akan dapat teratasi.” Dimana kita berdiri tidak penting, yang penting mau kemana kita akan melangkah. Tentukan tujuan dari sekarang, cintai prosesnya dan mimpikan hasil terbaiknya! Berapa besar kepercayaan orang, ditentukan oleh seberapa besar kejujuran dan kredibilitas kita. Bangun kredebilitas dan tetaplah mengutamakan kebenaran hakiki yang tidak bisa ditawar lagi. Tidak peduli dengan latar belakang keluarga, yang penting kita mau melakukan sesuatu dan kita berada di jalur yang tepat dan mau tumbuh juga berkembang. Orang tua kita siapa itu tidak penting, terpenting kita mau jadi anak yang bagaimana. Tidak peduli masa lalu, yang penting hari ini, esok dan seterusnya. Tak perlu pikirkan buruknya masa lalu, hinannya kita di masa lalu, yang penting kita mau memikirkan dan berubah mulai sekarang untuk hari esok. Tidak peduli siapa diri kita di mata orang lain, yang penting kita mau melihat orang lain dari sisi terbaiknya dan mau melihat diri kita dari sisi terbaik dan terburuknya. Fokuslah pada kelebihan yang kita miliki. Sukses bukan berarti serba bisa! Buah yang akan kita petik, ditentukan dari bagaimana kita menanamnya. Lakukan yang terbaik dan tetaplah konsiten. Bagaimana sekarang kita berproses, maka inilah yang akan menentukan hasil akhir dari semuanya. Tuhan tidak pernah tidur, kuasanya tahu mana hamba-hambanya yang mau melakukan sesuatu dan bekerja keras, berdo’a dan meyakini bahwa tuhan akan ikut campur tangan untuk hal-hal yang diluar kemampuan kita. Tetaplah optimis dan lakukanlah yang terbaik. Seberapa besar mimpi kita itu tidak penting, yang penting seberapa besar sesuatu yang kita kerjakan dan seberapa tepat kita melakukannya. Timing! “Bukanlah seorang pemuda yang mengatakan INI BAPAK SAYA. Tapi pemuda adalah seorang yang mengatakan INILAH SAYA”
Gambar | Pos ini dipublikasikan di Artikel. Tandai permalink.

2 Balasan ke KEINDAHAN KOTA BATUSANGKAR

  1. uniangkamek11 berkata:

    artikel yg bagus..😀
    kereen…

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s